Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA PIMPINAN PONDOK PESANTREN MUALIMIN KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA SANTRI

Sri Wahyuni Hasnur, Sri (2022) UPAYA PIMPINAN PONDOK PESANTREN MUALIMIN KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA SANTRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan dalam mengembangkan sumber daya santri di Pondok Pesantren Muallimin Muhamadiyah Bangkinang Kota belum berjalan dengan baik, kebanyakan yang kita lihat santri setelah tamat dari Pesantren tidak bisa mengembangkan dan menjalankan potensi fisik maupun non fisik yang dimilikinya. Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana Upaya Pimpinan Pondok Pesantren Muallimin Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar dalam mengembangkansumber daya santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Upaya Pimpinan Pondok Pesantren Muallimin Bangkinang Kota dalam Mengembangkansumber daya santri. Subjek penelitian ini adalah Pondok Pesantren Muallimin Kcamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar, dan menjadi objek penelitian ini adalah Upaya Pimpinan Pondok Pesantren Muallimin Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar dalam mengembangkan sumber daya santri. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Data yang di kumpulkan melalui wawancara , observasi dan dokumentasi serta analisi yang menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Upaya Pimpinan Pondok Pesantren Muallimin Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar dalam mengembangkan sumber daya santri yaitu : Kognitif (pengetahuan) mendasar yang diterapkan oleh pondok pesantren Muallimin Bangkinang Kota untuk menciptakan santri yang berkualitas yaitu pengetahuan tentang Akidah (ketauhidan), Fiqih ( Sholat jenazah, sumber hukum Islam, Konsep Ijtihad dan bermazhab, dan tentang hukum syari’ah), Akhlak (membentuk pribadi yang baik dan berkualitas). Afektif (nilai) yang diterapkan oleh pondok pesantren Muallimin Bangkinang Kota yaitu nilai moral, (tentang perilaku dan sikap), nilai Agama (tentang kebiasaan meningkatkan ibadah seperti sholat dhuha, dan meningkatkan sosial dengan berinfag). Nilai sosial tentang (perilaku dan ucapan) . Psikomotorik ( keterempilan ) yang ada di pondok Pesantren Muallimin Bangkinang Kota tidak terlepas dari tiga hal yang diterapkan yaitu: ketrempilan dasar (ketrempilan kaligrafi, kitab kuning), keahlian Teknik (Teknik Informasi Komputer), keahlian Interpersonal ( kelompok bahasa Arab dan Inggris)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya,Pimpinan,sumber daya santri
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:08
Last Modified: 28 Jul 2022 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62452

Actions (login required)

View Item View Item