STUDI KOMPARATIF ANTARA KEMAMPUAN GURU FIQIH DAN GURU AL-QURAN HADITS DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Zulkifli Arif, (2014) STUDI KOMPARATIF ANTARA KEMAMPUAN GURU FIQIH DAN GURU AL-QURAN HADITS DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara kemampuan guru Fiqih dan guru al-Qur’an Hadits dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa dalam proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Fiqih dan 2 orang guru al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Kuok. Di sini peneliti dalam pengambilan Sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik ini bertujuan untuk mengambil semua anggota populasi sebagai sampel, hal ini didasarkan atas populasi yang peneliti lakukan kecil. Untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan tersebut maka digunakan rumus test-t untuk mengujinya. Dari hasil analisis, penulis mengetahui perbedaan kemampuan guru Fiqih dan guru al-Quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam memotivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kuok. dapat ditarik kesimpulan dari penelitian, bahwa terdapat perbedaan kemampuan guru Fiqih dan guru al-Quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kuok. hal ini dapat terlihat dari level kemampuan mereka. Dari persentase yang diperoleh guru Fiqh (60.83%) yang berada pada kategori Sedang dan guru al-Quran Hadits (53,33%) yang berada pada kategori kurang mampu. Dari hasil analisis dengan menggunakan rumus test-t untuk mencari apakah ada perbedaan signifikan pada kemampuan guru Fiqih dan guru al-Quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa diperoleh nilai thitung 8 lebih besar dari pada ttabel 4.30 (5%) . Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada perbedaan antara kemampuan guru Fiqih dan guru al-Quran Hadits dalam memotivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:21
Last Modified: 05 Aug 2016 06:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item View Item