Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL SITUATION BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs

Khairatun Nisa, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL SITUATION BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, DEKAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV FIX ATUN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV KHAIRATUN NISA.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairatun Nisa, (2022): Pengaruh Penerapan Model Situation Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran situation based learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika berdasarkan self efficacy siswa di MTsS Hidayatul Ma’rifiyah Pangkalan Kerinci. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Hidayatul Ma’rifiyah Pangkalan Kerinci, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, teknik angket berupa angket self efficacy dan teknik observasi berupa lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model situation based learning dengan siswa yang belajar dengan pemebelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) tidak terdapat interaksi penerapan model situation based learning dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Model Situation Based Learning (SBL), Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis, Self Efficacy, Factorial Experimental Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:36
Last Modified: 27 Jul 2022 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62403

Actions (login required)

View Item View Item