Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA AREA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROBINSON DAN HIRA (Studi Kasus: CV. Ridho Ilaahi)

Muhammad Riski, - (2022) ANALISIS PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA AREA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROBINSON DAN HIRA (Studi Kasus: CV. Ridho Ilaahi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
rizki upload 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi watermak-41-117.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)

Abstract

CV. Ridho Ilaahi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi kayu pallet yang beralamat di jalan hangtuah Duri, Riau. Dalam operasinya terdapat beberapa kecelakan yang pernah dialami oleh pekerja sehingga dapat menghambat kegiatan produksi, . Keselamatan dan kesehatan kerja pada CV. Ridho Ilaahi sudah diterapkan pelatihan mengenai K3 namun kecelakaan kerja hampir sering terjadi disana, karena kecerobohan pekerja itu sendiri, kurang nya pengawasan dan juga dan juga tidak ada tindakan teguran yang membuat efek jera. Penelitian ini betujuan untuk menghitung biaya kecelakaan dan kerugian yang dialami pekerja menggunakan metode Robinson di area lantai produksi dan ntuk mengidentifikasi jenis resiko kecelakaan, penilaian resiko dan pengendalian bahaya kecelakaan yang ditimbulkan menggunakan metode HIRA di area lantai produksi. Metode Robinson adalah suatu upaya untuk menumbuhkan motivasi dalam pengendalian kecelakaan kerja dengan melakukan perhitungan biaya kecelakaan kerja yang terjadi pada industri dengan tiga klasifikasi variabel yaitu bagian tubuh terkena dampak, sifat jejas dan ada tidaknya hilang hari kerja. HIRA(Hazard Identification and Risk Assesment) merupakan suatu cara untuk mengidentifikasi potensi bahaya kerja dengan mendefinisikan karakteristik bahaya yang mungkin terjadi dan evaluasi resiko yang terjadi melalui penilaian resiko dengan menggunakan matriks penilaian resiko. Hasil penelitian ini adalah perhitungan hasil biaya kecelakaan kerja dan identifikasi bahaya dan analisa bahaya dari resiko kecelakaan kerja pada proses produksi dan menilai bahaya resiko yang terdapat pada proses produksi tersebut serta juga memberikan saran tindakan pengendalian resiko dan perbaikan agar dapat mencegah atau bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:46
Last Modified: 27 Jul 2022 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62380

Actions (login required)

View Item View Item