Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MAS ABBASIYAH

SULASTRI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MAS ABBASIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SULASTRI (2022) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MAS ABBASIYAH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di tinjau dari keaktifan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian factorial eksperimental dengan desain yang digunakan adalah the nonequivalent pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Abbasiyah Teluk Pinang tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas X.A sebagai kelas kontrol dan X.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis, angket keaktifan belajar, lembar aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional dengan perbedaan dari mean yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana mean kelas eksperimen dan mean kelas kontrol secara berturut-turut adalah 15,6 dan 11,5, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dengan keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:54
Last Modified: 27 Jul 2022 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62376

Actions (login required)

View Item View Item