SULASTRI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MAS ABBASIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (19MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SULASTRI (2022) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MAS ABBASIYAH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di tinjau dari keaktifan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian factorial eksperimental dengan desain yang digunakan adalah the nonequivalent pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Abbasiyah Teluk Pinang tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas X.A sebagai kelas kontrol dan X.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis, angket keaktifan belajar, lembar aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional dengan perbedaan dari mean yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana mean kelas eksperimen dan mean kelas kontrol secara berturut-turut adalah 15,6 dan 11,5, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dengan keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:54 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62376 |
Actions (login required)
View Item |