Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTs

SRI WAHYUNI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SRI WAHYUNI (2022) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 22 Pekanbaru dan para ahli atau pakar pada bidangnya yaitu guru matematika dan dosen pendidikan matematika. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen penelitian lembar validasi untuk ahli teknologi pendidikan, lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, angket respon siswa, dan soal posttest. Berdasarkan analisis data, diperoleh LKS berbasis pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 89,45%. Hasil uji praktikalitas, LKS berbasis pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kevalidan kelompok kecil 88,02% dan kelompok besar dengan persentase tingkat kevalidan 91,11%. Kemudian dilakukan uji efektifitas dengan memberikan posttest kepada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dari hasil posttest tersebut diperoleh nilai sebesar 10,59 dan nilai pada taraf signitifikan 5% sebesar 1,73 maka , yaitu 10,59 1,73, sehingga dapat dikatakan efektif bahwa LKS berbasis pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing yang telah dikembangkan ini memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Penemuan Terbimbing, Serta Model ADDIE, Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:42
Last Modified: 27 Jul 2022 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62369

Actions (login required)

View Item View Item