PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN SISTEM JAWAB BERANTAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 03 PEKANBARU

Minda Wahyuni, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN SISTEM JAWAB BERANTAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah di SMP N 03 Pekanbaru, dengan rumusan masalahnya yaitu, ''apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai terhadap hasil belajar siswa SMP N 03 pekanbaru?''. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 03 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest – Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 03 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 525 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan sistem jawab berantai dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrumen tes hasil belajar matematika. Teknik analisis menggunakan chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data dan rumus tes- t untuk mengetahui hasil penelitian. Sehingga diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,69 > 2,00) dan nilai rata – ratasiswa pada kelas eksperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol (77,30> 63,62). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP N 03 Pekanbaru, karena adanya perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 03 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item