Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFIKASI DIRI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN MOTIVASI AKADEMIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEPANJANG MASA PANDEMI COVID-19

Rexsy Taruna, - (2022) EFIKASI DIRI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN MOTIVASI AKADEMIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEPANJANG MASA PANDEMI COVID-19. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
FILE HAISL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rexsy Taruna (2022) : EFIKASI DIRI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN MOTIVASI AKADEMIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEPANJANG MASA PANDEMI COVID-19 Peranan penting motivasi akademik dalam memengaruhi prestasi akademik telah banyak didokumentasikan pada studi-studi psikologi pendidikan. Akan tetapi, tidak banyak studi yang menjelaskan arah hubungan di antara kedua variabel tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengkonfirmasi peran efikasi diri akademik dalam memediasi hubungan motivasi akademik dengan prestasi akademik pada siswa selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini melihatkan 127 siswa perguruan tinggi, yang dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat semester, dan program studi. Masing-masing siswa diminta untuk self report motivasi akademik menggunakan academic motivation scale dan efikasi diri akademik menggunakan learning self efficacy scale. Serta, masing-masing siswa diminta untuk menginformasikan nilai pada empat mata kuliah. Academic motivation scale memiliki indeks diskriminasi berkisar antara 0.65 sampai 0.92, sedangkan reliabilitas sebesar 0.97. Kemudian, learning self efficacy scale memiliki indeks diskriminasi berkisar dari 0.640 sampai 0.922, dengan reliabilitas sebesar 0.96. Studi ini menemukan bahwa adanya efikasi diri akademik dikonfirmasi sebagai variabel yang memediasi hubungan motivasi akademik terhadap prestasi akademik (β = .26; p <.001; CI: [0.198-0.330]). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hubungan motivasi akademik terhadap prestasi akademik bersifat tidak langsung, sebab harus dimediasi oleh efikasi diri akademik. Kata kunci: motivasi akademik, prestasi akademik, efikasi diri akademik, mediasi, mahasiswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:01
Last Modified: 27 Jul 2022 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62330

Actions (login required)

View Item View Item