Nurmala Dewi, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurmala Dewi, (2022): ABSTRAK Nurmala Dewi, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Muhammadiyah IV Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kalimat efektif siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Example Non Example di kelas III SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa menulis kalimat efektif diantaranya: siswa kurang mampu menulis unsur kalimat yang lengkap dengan struktur yang jelas, kurang mampu menggunakan ejaan dan kaidah Bahasa Indonesia yang benar, dan kurang mampu memilih diksi yang tepat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Example Non Example dan kemampuan menulis kalimat efektif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif. Sebelum tindakan kemampuan siswa dalam menulis kalimat efektif hanya mencapai 55,75 dengan kategori kurang baik karena belum mencapai kategori 75. Setelah dilaksanakan tindakkan pada siklus I kemampuan menulis kalimat efektif meningkat menjadi 68 dengan kategori kurang baik, karena berada pada rentang <75, dan pada siklus II kemampuan menulis kalimat efektif siswa meningkat menjadi 88 dengan kategori baik karena berada pada kategori 84-92. Kata Kunci: Model Example Non Example, Kemampuan Menulis Kalimat Efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62303 |
Actions (login required)
View Item |