Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 43 Pekanbaru.

Rahmi Ramziah Seftiadi, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 43 Pekanbaru. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmi Ramziah Seftiadi, (2002): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 43 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan siswa dalam menulis persuasi melalui model pembelajaran Think Pair and Share berbantuan media Visual pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 43 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya menulis kalimat berisi ajakan atau (persuasi) yang meyakinkan, menuliskan data/fakta dalam teks persuasinya, belum mampu menentukan pilihan kata yang tepat dalam teks persuasi, dan menuliskan teks persuasi dengan ejaan yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan kemampuan menulis persuasi siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari hasil tes pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata kemampuan menulis persuasi siswa adalah 51%. Pada siklus I rata-rata kemampuan menulis persuasi siswa meningkat menjadi 61%. Pada siklus II rata-rata kemampuan menulis persuasi siswa semakin meningkat dengan nilai 72%. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Think Pair and Share berbantuan media visual dapat meningkatkan kemampuan menulis persuasi di kelas V SDN 43 Pekanbaru. Kata kunci: keterampilan menulis, persuasi, Think Pair and Share, media visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:24
Last Modified: 27 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62298

Actions (login required)

View Item View Item