Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Small Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru.

AISI FAUZIAH RAMADHAN, - (2022) Penerapan Metode Small Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
4. SKRIPSI AISI okk-73-114.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img]
Preview
Text
4. SKRIPSI AISI okk_removed.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aisi Fauziah Ramadhan, (2022): Penerapan Metode Small Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada muatan pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran Small Group Discussion di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa di antaranya kurangnya kemampuan siswa mencetuskan gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau jawaban, kurangnya kemampuan siswa menghasilkan gagasan atau jawaban yang bervariasi, kurangnya kemampuan melahirkan ungkapan-ungkapan yang baru dan unik atau mampu menemukan kombinasi-kombinasi yang tidak biasa dari unsur-unsur yang biasa, dan kurangnya kemampuan menjelaskan secara rinci gagasan atau jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari hasil tes secara lisan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa adalah 51%. Pada siklus I rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 65%. Pada siklus II rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa semakin meningkat dengan nilai 76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Small Group Discussion

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:56
Last Modified: 27 Jul 2022 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62297

Actions (login required)

View Item View Item