Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT PROFESI BAGI GURU PNS DI SD SE-KELURAHAN JADIREJO BERDASARKAN PERATURAN DAERAH RIAU NO. 2 TAHUN 2009 MENURUT PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH

Nitata Mellani, Nitata (2022) PELAKSANAAN ZAKAT PROFESI BAGI GURU PNS DI SD SE-KELURAHAN JADIREJO BERDASARKAN PERATURAN DAERAH RIAU NO. 2 TAHUN 2009 MENURUT PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksaan zakat profesi bagi guru PNS di SD Se-kelurahan Jadirejo, di mana terdapat dua SD di kelurahan ini yaitu SDN 6 dan SDN 15 Kota Pekanbaru. Mengenai kewajiban pembayaran zakat profesi ini, apakah guru PNS di SD tersebut tau berapa nisab dan kadar zakat profesi serta waktu membayar zakat profesi tersebut menurut siyasah maliyah. Sedangkan pada zaman Rasulullah SAW tidak ada di jelaskan tentang ketentuan dan tata cara pelaksana zakat profesi ini. Bagaimana bisa zakat profesi ini menjadi kewajiban yang dibayarkan setiap bulannya. Dan apakah guru PNS tersebut tau tentang peraturan pemotongan gaji untuk zakat Profesi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat profesi di SDN 6 dan SDN 15 Kota Pekanbaru berdasarkan Perda Riau No. 2 Tahun 2009, apa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan zakat profesi di SDN 6 dan SDN 15 Kota Pekanbaru dan bagaimana tinjauan siyasah maliyah terhadap implementasi zakat profesi. Jenis penelitian pada penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) serta sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang ada dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu menguraikan dan mengambarkan mengenai pokok permasalahan yang ada, sehingga penguraian tersebut dapat diambil kesimpulannya. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa guru PNS di SDN 6 dan SDN 15 Kota pekanbaru tidak mengetahui tentang peraturan pemotongan gaji zakat profesi ini, mereka hanya mengetahui gaji mereka dipotong 2,5 % untuk zakat profesi, jadi gaji yang diterima sudah bersih dari zakat, dan tanda bukti pembayaran akan dikirimkan melalui sms pada setiap pegawai yang terkena potongan gaji. Pendistribusian zakat profesi ini di disalurkan kepada siswa- siswi yang termasuk golongan mustahiq zakat, penyaluran tersebut merupakan program dari Baznas Kota Pekanbaru. Mengenai zakat profesi merupakan kewajiban setiap umat muslim terdapat pada QS. At- Taubah ayat 103. Karena pendapatan dari profesi ini berupa harta maka wajib dikeluarkan zakat profesinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksnaan, Zakat Profesi, Pegawai Negeri Sipil, Siyasah Maliyah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:34
Last Modified: 27 Jul 2022 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62296

Actions (login required)

View Item View Item