Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TATA CARA PENGANGKUTAN BARANG BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 2 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

DEDY CHANDRA SAPUTRA HRP, - (2022) PENERAPAN TATA CARA PENGANGKUTAN BARANG BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 2 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

ABSTRAK Dedy Chandra S. HRP (2022) : Penerapan Tata Cara Pengangkutan Barang Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Banyaknya truk angkutan barang berdebu dan pasir tidak memperhatikan tata cara pengangkutan barang sehingga membuat material yang diangkut berceceran di jalan raya ini menganggu kenyaman, kelancaran keselamatan lalu lintas aturan yang ada di Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan yang mana bagi setiap kendaraan pengangkut material berdebu, sampah dan sebagainya yang dapat mengotorin jalan dan membahayakan lalu lintas wajib dimuat dengan cara sedemikian rupa agar tidak menimbulkan bahaya dan pencemaran lingkungan. Permasalahan sebagai berikut: Bagaimana Penerapan daripada Tata Cara Pengangkutan Barang Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana Penerapan daripada Tata Cara Pengangkutan Barang Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Metode penelitian yang digunakan yang dipergunakan ialah Sosiologis (empiris) atau penelitian lapangan yang bersifat Deskriptif Kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yakni pemilihan sekelompok subjek atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengawasan yang di lakukan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru nilai belumlah efektif karena pada pelaksanaanya masih ada kendaraan barang tidak patuh dengan tata cara pengangkutan barang tentunya hal tersebut menjadi perhatian bersama karena hal tersebut menandakan bahwa banyaknya kendaraan yang digunakan dijalanan yang tidak laik jalan sehingga dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, terlebih bagi kendaraan angkutan barang bermuatan pasir, kerikil dan sebagainya yang mana dengan melakukan penutupan terhadap barang yang dibawa tentunya membawa banyak dampak positif, karena jika berkendara membawa barang yang tidak ditutupi dengan baik dan benar tentunya dapat membahayakan pengguna jalan lainnya terutama pengguna sepeda motor yang sangat rentan terhadap gangguan semacam itu yang bisa berakibat fatal bagi pengendaranya. Dalam menjalankan aturan kerap kali berbenturan dengan kenyataan yang ada dilapangan mulai dari terbatasnya ruang lingkup kewenangan, terbatasnya jumlah personil dilapangan, dan terbenturnya dengan budaya hukum masyarakat setempat yang sudah dianut sejak lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:46
Last Modified: 27 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62259

Actions (login required)

View Item View Item