Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH MENGENAI HUKUM BEKERJA DI BANK KONVENSIONAL DALAM TINJAUAN FIQH MUAMALAH (Studi Pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

RIRI OKTAVIANI, - (2022) PERSEPSI MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH MENGENAI HUKUM BEKERJA DI BANK KONVENSIONAL DALAM TINJAUAN FIQH MUAMALAH (Studi Pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRI OKTAVIANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riri Oktaviani (2022): Persepsi Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Mengenai Hukum Bekerja Di Bank Konvensional Dalam Tinjauan Fiqh Muamalah (Studi Pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh persepsi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah mengenai hukum bekerja di bank konvensional. Dalam wawancara terhadap beberapa mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah terdapat beberapa pendapat yang berbeda-beda, yang mana seharusnya mahasiswa hukum ekonomi syariah perhatian dan mengetahui tentang hukum bekerja di bank konvensional, karena notabenenya mencari hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah mengenai hukum bekerja di bank konvensional dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap persepsi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah mengenai hukum bekerja di bank konvensional. Sedangkan tujuan untuk penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah mengenai hukum bekerja di bank konvensional dan untuk mengetahui Tinjauan Fiqh muamalah terhadap persepi mahasiswa mengenai hukum bekerja di bank konvensional. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode kualitatif (field research). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 93 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sumber data penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Persepsi mahasiwa Hukum Ekonomi Syariah mengenai hukum bekerja di bank kovensional yaitu 28 orang atau 56% menyatakan haram dan 22 orang atau 44% menyatakan tidak. Mahasiswa beranggapan bahwa bekerja di bank konvensional upah sebagai balas jasa. Dan juga dibolehkannya bekerja di bank konvensional dalam hal darurat atau tidak adanya pekerjaan lain. Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap persepsi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah mengenai hukum bekerja di bank konvensional tidak dapat di benarkan karena bekerja di bank konvensional berarti membantu menyajikan dan menghidangkan sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT. Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa, Hukum Bekerja, Bank Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:29
Last Modified: 27 Jul 2022 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62243

Actions (login required)

View Item View Item