Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Speed Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema VIII Lingkungan Sahabat Kita Muatan Bahasa Indonesia Kelas V SD IT Al-Izhar School Pekanbaru.

Tata Yasmin, - (2022) Penerapan Metode Speed Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema VIII Lingkungan Sahabat Kita Muatan Bahasa Indonesia Kelas V SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tata Yasmin (2022): Penerapan Metode Speed Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema VIII Lingkungan Sahabat Kita Muatan Bahasa Indonesia Kelas V SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema VIII Lingkungan Sahabat Kita melalui penerapan metode speed reading kelas V SD IT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas V shift B SD IT AlIzhar School Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode speed reading dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil sebelum tindakan dengan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa hanya mencapai 50 dan berada pada kategori kurang. Setelah menerapkan metode speed reading pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata nilai 61 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa semakin meningkat yaitu mencapai 80 atau berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema VIII Lingkungan Sahabat Kita kelas V SD IT Al-Izhar school Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Speed Reading, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:37
Last Modified: 27 Jul 2022 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62236

Actions (login required)

View Item View Item