Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Impelementasi Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah.

Sugito, - (2022) Pengaruh Impelementasi Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah. Thesis thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
TESIS SUGITO gabungan(1)_removed.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TESIS SUGITO gabungan(1)-95-140.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)

Abstract

ABSTRAK Sugito. (2022) : Pengaruh Impelementasi Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana perencanaan ekstrakurikuler tahfidz Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah, (3) mengetahui bagaimana kontribusi ekstrakurikuler tahfidz Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah, (4) mengetahui kendala ekstrakurikuler tahfidz Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah. Penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles and huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) perencanaan kegiatan tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya semua santri diwajibkan menghafal 3 juz untuk MTs dan 6 Juz untuk SMK nya, (2) pelaksanaan kegiatan tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah dilaksanakan setiap hari dan untuk waktuna sesudah selesai sholat Subuh dan Isya. Metode yang digunakan adalah dengan cara qiroati, (3) kontribusi kegiatan tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah memberi dampak positif bagi santri, yaitu menghafal al-Qur’an senantiasa bertawakkal kepada Allah SWT, berbakti terhadap orang tua, menjauhkan diri dari perbuatan tercela, meningkatkan kecerdasan spiritual, kecerdasan smosional dan meningkatkan ketaqwaan, (4) kendala kegiatan tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Amanatul Huda Surya Indah ada dua faktor yaitu faktor internal, kendala diantaranya capek, malas, ngantuk, kemampuan menghafal masih susah. Dan faktor eksternal mungkin banyaknya kegiatan yang ada di pesantren, dan kegiatan didalam Asrama. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Tahfid al-Qur’an, Kecerdasan Spiritual, Kcedasan Emosional

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:43
Last Modified: 26 Jul 2022 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62203

Actions (login required)

View Item View Item