Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS NUTRISI SOSIS FERMENTASI DAGING SAPI DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK (Lactobacillus plantarum) PADA KONSENTRASI BERBEDA

RANI MUKHERJI, - (2022) KUALITAS NUTRISI SOSIS FERMENTASI DAGING SAPI DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK (Lactobacillus plantarum) PADA KONSENTRASI BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

KUALITAS NUTRISI SOSIS FERMENTASI DAGING SAPI DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK (Lactobacillus plantarum) PADA KONSENTRASI BERBEDA Rani Mukherji (11681201316) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Dewi Febrina INTISARI Sosis fermentasi adalah produk yang terdiri dari campuran daging, lemak, garam, bumbu dan kultur starter, yang kemudian dilakukan pematangan dan pengeringan. Probiotik didefinisikan sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup mampu memberikan manfaat kesehatan bagi inangnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan Lactobacillus plantarum pada konsentrasi berbeda terhadap kualitas nutrisi sosis daging sapi yang meliputi kandungan protein, lemak, karbohidrat dan kadar abu pada sosis fermentasi. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pasca Panen Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan diantaranya penambahan Bakteri Lactobacillus plantarum 0%, 2%, 4%, 6%, 8% di setiap perlakuan. Peubah yang diukur adalah kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar abu, dan kadar air. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembuatan sosis fermentasi daging sapi dengan penambahan lactobacillus plantarum sampai 8% mampu meningkatkan kadar protein dan karbohidrat namun menurunkan kadar lemak, kadar air dan kadar abu. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian bakteri lactobacillus plantarum pada sosis fermentasi daging sapi dari 2%, 4%, 6%, 8% dapat meningkatkan kadar protein, kadar karbohidrat tetapi menurunkan kadar lemak, kadar abu, kadar air. Perlakuan terbaik adalah penambahan Lactobacillus plantarum 2% pada pembuatan sosis fermentasi, karena memiliki nilai kadar lemak, kadar air dan kadar abu yang memenuhi SNI (01-3820-1995). Kata kunci : nutrisi, sosis fermentasi, probiotik, Lactobacillus plantarum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:26
Last Modified: 26 Jul 2022 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62200

Actions (login required)

View Item View Item