WISUDATUL UMMI TANJUNG, - (2022) KREATIVITAS GURU MENGELOLA KELAS UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus di MAN Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File seluruh Tesis selain Isi (BAB IV).pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Tesis Hasil (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
Wisudatul Ummi Tanjung: Kreativitas Guru Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di MAN Kota Pekanbaru) Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala kejenuhan belajar siswa di MAN 2 Kota Pekanbaru dan MAN 3 Kota Pekanbaru, untuk mengetahui faktor penyebab kejenuhan belajar yang dihadapi siswa di MAN 2 Kota Pekanbaru dan MAN 3 Kota Pekanbaru, dan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan Islam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam proses pembelajaran di MAN 2 Kota Pekanbaru dan MAN 3 Kota Pekanbaru. Adapun masalah kejenuhan beajar siswa yang ditemukan di lapangan adalah, beberapa sisiwa besikap acuh saat guru menjelaskan, beberapa siswa sering izin ke toilet tetapi pergi ke kantin, beberapa siswa tidak fokus dan asik dengan kegiatan sendiri, beberapa siswa duduk tidak pada tempat yang telah ditentukan, dan beberapa siswa terlambat mengumpulkan tugas. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga tahapan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam proses pembelajaran (studi kasus di MAN Kota Pekanbaru) sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari usaha yang telah para guru lakukan. Yaitu mengadakan pengecekan terhadap situasi dan kondisi siswa guna untuk memahami dan memastikan bahwa para siswa nyaman dan senang dalam mengikuti pembelajaran, guru juga memanfaatkan media pembelajaran dengan baik dalam pembelajaran, guru juga penata lingkungan belajar dengan baik, dan juga mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengembangkan strategi pengelolaan kelas yang menarik meliputi strategi pengajaran dan juga pemberian motivasi. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Mengelola Kelas, Kejenuhan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:39 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62199 |
Actions (login required)
View Item |