Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENENTUAN HARGA POKOK PRODUK DAN PENERAPAN COST PLUS PRICING METHOD DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PADA USAHA KERUPUK KULIT (STUDI KASUS : USAHA KERUPUK JANGEK SIMPANG TIGO)

Muhammad Rezki Azhari, - (2022) PENENTUAN HARGA POKOK PRODUK DAN PENERAPAN COST PLUS PRICING METHOD DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PADA USAHA KERUPUK KULIT (STUDI KASUS : USAHA KERUPUK JANGEK SIMPANG TIGO). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V ).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Kompetisi di ranah usaha kian hari semakin sengit antar pelaku usaha. Penetapan harga jual sangat berpengaruh demi kemajuan sektor produksi usaha terkhususnya di usaha kerupuk kulit simpang tigo. Harga jual yang ditawarkan pelaku usaha harus tepat sasaran, apabila harga jual tidak terjangkau maka konsumen berpindah haluan ke kompetitor lain, dan sebaliknya jika harga jual rendah maka pelaku usaha akan mengalami kerugian. Apabila pendapatan usaha berfluktuasi, harga pokok produksilah yang menjadi salah satu penyebabnya. Full costing dan variable costing adalah dua cara yang tersedia untuk menetapkan kos pokok produksi. Pengoptimalan pendapatan usaha melalui cost plus pricing merupakan salah satu metode membentuk biaya full costing serta perkiraan keuntungan dalam menetapkan tarif jual yang diinginkan pelaku usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Perbandingan dan Penetapan Harga Pokok Produk melalui metode pelaku usaha dan cost plus pricing dengan pendekatan full costing dalam menetapkan Harga Jual di Usaha Kerupuk Kulit Simpang Tigo. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan dalam hasil perhitungan antara dua metode tersebut, harga jual yang dihasilkan melalui metode cost plus pricing lebih tinggi dari metode yang dijalankan pelaku usaha. dalam artian harga jual yang ditetapkan oleh pemilik sekarang belum mencapai keuntungan yang optimal karena tidak semua proses terhitung melalui metode yang dijalankan pelaku usaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:57
Last Modified: 29 Jul 2022 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62194

Actions (login required)

View Item View Item