Ilhamiyah, - (2022) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Kasim Riau.
|
Text
13.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB 4 AJA.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
Abstract
Sarana prasarana pendidikan memberikan kontribusi terhadap mutu pendidikan. Permasalahannya adalah pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana belum optimal dan sesuai standar yang ditentukan oleh pemerintah, pada MAN 1 Pekanbaru masih banyak ditemukannya beberapa proses manajemen sarana dan prasarana yang masih harus dibenahi, akan tetapi akreditasi yang diterima oleh MAN 1 Pekanbaru adalah A. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk untuk mendiskripsikan implementasi manajemen sarana dan prasarana di MAN 1 Pekanbaru dan juga untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana di MAN 1 Pekanbaru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Selanjutnya untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 1 Pekanbaru meliputi perencanaan, pelaksanaan pengadaan, penginventarisasi, pendistribusian, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan. Langkah-langkah perencanaan meliputi analisis kebutuhan, estimasi biaya, prioritas dan pembuatan rencana pengadaan. Kegiatan pengaturan meliputi inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan. Penggunaan sarana dan prasarana diatur dengan jadwal yang dibuat untuk menghindari konflik penggunaan. (2) Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 1 Pekanbaru dapat dikatakan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Pekanbaru. Dengan adanya perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 1 Pekanbaru dapat dimanfaatkan secara optimal dalam proses pembelajaran. Kesesuaian dapat dilihat pada tahapan pengelolaan lembaga dan prasarana pendidikan, serta indikator kualitas pembelajaran yaitu: kesesuaian, daya tarik, efektivitas, efisiensi dan produktivitas. Kata kunci: Menajemen, Sarana Prasarana, Mutu, Pendidikan, Implementasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:12 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62190 |
Actions (login required)
View Item |