PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Suzana, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategiThe Power Of Twoterhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh suatu treatment yang diberikan pada salah satu kelas (kelas eksperimen) dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas (kelas kontrol) yang tidak diberi treatment (menggunakan pembelajaran konvensional). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII D MTs Al-Muttaqin Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Peneliti menggunakan tes “t” untuk menganalisis data. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari mean konstanta hasil belajar kelas eksperimen 81,61 lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol 69,57. Kemudian, dari hasil analisis uji tes “t” nilai thitung= 2,61. Artinya, nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01. Maka Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, apabila terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diberi pembelajaran menggunakan strategi The Power Of Two dengan siswa yang diberi pembelajaran secara konvensional maka strategi The Power Of Two berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:11
Last Modified: 05 Aug 2016 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item