Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK CABE DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS)

Febry Dwi Ayu Ningrum, - (2022) USULAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK CABE DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali Hasil Penelitian.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (BAB IV dan BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Febry Dwi Ayu Ningrum (2022). USULAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK CABE DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS). Pada tahun 2019- 2020 terjadi penurunan pendapatan pada keripik cabe Hj. Karmi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemasaran yang dilakukan oleh pihak UKM dan banyaknya pesaing dengan usaha sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang strategi baru yaitu strategi untuk menciptakan ruang pasar baru yang tidak diperebutkan atau menjauh dari persaingan dengan inovasi nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SWOT dan BOS (Blue Ocean Strategy). Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada UKM menggunakan matrik IFE dan EFE. Metode BOS digunakan untuk menciptakan sebuah inovasi nilai baru yang belum dimiliki oleh pesaing guna untuk mengalihkan diri dari persaingan yang ketat antar pelaku usaha dengan menggunakan alat analisis yaitu kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan posisi UKM Keripik Cabe Hj. Karmi berada pada kuadran I, dimana strategi yang diterapkan adalah tumbuh dan membangun. Inovasi baru yang akan diterapkan pada UKM Keripik Cabe Hj. Karmi adalah Kemasan standing pouch ziplock dengan desain baru, Bentuk keripik yang bervariasi, Keripik kemasan toples, Dus spesial oleh-oleh dan motto “Bukan Keripik Cabe Biasa”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:45
Last Modified: 27 Jul 2022 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62175

Actions (login required)

View Item View Item