Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran pembinaan mental untuk mewujudkan keluarga sakinah dalam keluarga TNI Muslim di Komando Resor Militer 031/Wira Bima Pekanbaru perspektif hukum Islam

NURFADILAH, - (2022) Peran pembinaan mental untuk mewujudkan keluarga sakinah dalam keluarga TNI Muslim di Komando Resor Militer 031/Wira Bima Pekanbaru perspektif hukum Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURFADILA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan tugas yang dimiliki oleh prajurit untuk melaksanakan satuan tugas yang berbulan-bulan bahkan sampai tahunan. Maka dari itu sebagai pembinaan mental apa yang di lakukan untuk mewujudkan keluarga sakinah pada prajurit Islam yang baik mendapat untuk melaksanakan satuan tugas dan yang tidak.Adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana peran pembinaan mental untuk mewujudkan keluarga sakinah dalam keluarga TNI muslim di Komando Resor militer 031/Wira Bima Pekanbaru dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap peran bintal rohis untuk mewujudkan keluarga sakinah di keluarga TNI muslim Komando Resor Militer 031/Wira Bima Pekanbaru. Penelitian ini merupakanpenelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data ialah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif. Kemudian penulis menggunakan metode probably sampling yaitu mengambil 10 % sampai 15% dari populasi. Hasil dari penelitian ini ialah untuk menjalankan perannya untuk mewujudkan keluarga sakinah Bintalrem memberikan beberapa program diantaranya yaitu: penyuluhan ke satuan jajaran, bimbingan kepada pasangan yang menghadap untuk menikah, bimbingan perceraian, Jum’at berkah, kultum, membaca surah yasin, membaca al-qur’an untuk anak-anak, ceramah agama dan memperingati hari besar Islam, wirit yasin dan ceramah persatuan istri tentra(Persit). Program-program tersebut sesuai dengan landasan keluarga sakinah dari Tinjauan Hukum Islam, serta jika dilihat dari keputusan dirjen bimas Islam dan urusan haji maka keluarga TNI muslim di Komando Resor Militer 031/Wira Bima Pekanbaru termasuk ke keluarga sakinah II dan keluarga sakinah III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:46
Last Modified: 26 Jul 2022 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62173

Actions (login required)

View Item View Item