Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Algoritme Logistic Regression untuk Mendeteksi Ujaran Kebencian dan Bahasa Kasar Multilabel pada Twitter Berbahasa Indonesia

Ayu Fransiska, - and Surya Agustian, - and Fitri Insani, - and Muhammad Fikry, - (2022) Algoritme Logistic Regression untuk Mendeteksi Ujaran Kebencian dan Bahasa Kasar Multilabel pada Twitter Berbahasa Indonesia. Algoritme Logistic Regression untuk Mendeteksi Ujaran Kebencian dan Bahasa Kasar Multilabel pada Twitter Berbahasa Indonesia, 5 (4). (Submitted)

[img] Text (jurnal ayu fransiska)
Jurnal repository.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ujaran kebencian semakin meningkat bersamaan dengan banyaknya pengguna media sosial. Twitter merupakan salah satu media sosial yang membantu penyeberan ujaran ujaran melalui fitur twit-nya yang dilakukan berulang-ulang. Penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasi apakah sebuah twit mengandung ujaran kebencian atau bahasa kasar, dan jika terdeteksi mengandung ujaran kebencian maka akan diukur tingkatannya. Dataset yang digunakan diambil dari Twitter sebanyak 13.126 twit asli. Klasifikasi menggunakan Algoritma logistic Regression dan fitur teks word embedding. Dilakukan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan model terbaik agar pengujian didapatkan secara optimal. Rata-rata akurasi yang dari ketiga kelas sebesar 75,59%, untuk kelas hate speech 75,86%,kelas abusive 80,05%, kelas level 70,86% dengan komposisi 90:10. Kata kunci: Klasifikasi, Logistic Regression, Ujaran Kebencian, Twitter.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:29
Last Modified: 27 Jul 2022 05:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62170

Actions (login required)

View Item View Item