Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT BERBAHAN BUNGKIL INTI SAWIT (Palm Kernel Cake) DAN PENAMBAHAN TEPUNG INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana)

Warlia, Warlia (2022) KUALITAS NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT BERBAHAN BUNGKIL INTI SAWIT (Palm Kernel Cake) DAN PENAMBAHAN TEPUNG INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Wafer adalah salah satu bentuk pakan ternak yang merupakan modifikasi bentuk cube, dalam proses pembuatannya mengalami pencampuran (homogenisasi), pemadatan dengan tekanan dan pemanasan dalam suhu tertentu. Bungkil inti sawit (BIS) adalah inti kelapa sawit yang telah mengalami proses ekstraksi dan pengeringan, Indigofera zollingeria potensial dalam memenuhi kebutuhan hijauan pakan ruminansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada peternak dan masyarakat mengenai kualitas nutrisi wafer ransum komplit bungkil inti sawit (Palm Kernel Cake) dengan penambahan tepung indigofera (Indigofera zollingeriana) sebagai pakan alternatif ternak ruminansia. Peneltian ini dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember 2021. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Laboratorium Analisis Hasil Pertanian Universitas Riau, dangan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 4 ulangan yaitu P1 BIS 50% + 0% indigofera, P2 BIS 0% + 50% indigofera, P3 BIS 40% + 10% indigofera, P4 BIS 25% + 25% indigofera, P5 BIS 10% + 40% indigofera. Hasil penelitian ini adalah kandungan nutrisi wafer ransum komplit berbahan bungkil inti sawit dan penambahan indigofera sampai 50% memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,05) pada BK (93,33-91-59%) dan memberikan pengaruh tidak nyata terhadap PK (12,89-16,34%), SK (13,06-11,49%), LK (5,20-4,70%) dan Abu (8,06-7,26%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan penambahan indigofera sampai 50% dalam wafer ransum komplit dapat menurunkan BK dan belum mampu meningkatkan protein kasar serta belum mampu menurunkan SK, LK dan Abu dalam Ransum Bungkil Inti Sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wafer, BIS, Indigofera, Kualitas, Nutrisi, Pakan, Ruminansia
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:36
Last Modified: 26 Jul 2022 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62168

Actions (login required)

View Item View Item