Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PENERIMAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUSKA RIAU TAHUN 2022

NABILA JANNATI, - (2022) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PENERIMAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUSKA RIAU TAHUN 2022. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap penerimaan sistem informasi akademik UIN Suska Riau. Penelitian ini memiliki dua variabel independen diantaranya perceived usefulness dan perceived ease of use. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini ialah penerimaan terhadap sistem informasi akademik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sebanyak 365 mahasiswa/i Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai konstanta unstandardized coefficient sebesar 4.782, ini merupakan nilai konstan yang menunjukkan penerimaan sistem informasi akademik terhadap kedua variabel independent. Koefisien variabel perceived usefulness adalah 0.077 yang berarti bahwa adanya pengaruh variabel ini terhadap penerimaan sistem informasi akademik. Kemudian, koefisien regresi variabel perceived ease of use adalah 0.224 yang menunjukkan adanya pengaruh variabel tersebut terhadap variabel dependen. Perceived usefulness dapat berpengaruh positif terhadap penerimaan sistem informasi akademik yang ditunjukkan oleh hasil uji T dengan perolehan nilai t hitung sebesar 3.266 dan nilai signifikansi t hitung sebesar 0.001. Selanjutnya, perceived ease of use dapat berpengaruh positif terhadap penerimaan sistem informasi akadamik ditunjukkan dengan perolehan nilai t hitung sebesar 9.610 dan nilai signifikansi t hitung ialah 0.000. Berikutnya, berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan, diperoleh nilai f hitung sebesar 116.550 dan nilai signikansi f hitung sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use secara bersama-sama dapat berpengaruh positif terhadap penerimaan sistem informasi akademik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:50
Last Modified: 02 Feb 2023 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62153

Actions (login required)

View Item View Item