Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Evaluasi Usability Terhadap Aplikasi Digital Desa Menggunakan Guerilla Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: Desa Simalinyang, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar)

Arisa Beby Valentina, - (2022) Evaluasi Usability Terhadap Aplikasi Digital Desa Menggunakan Guerilla Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: Desa Simalinyang, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan Bab V).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Bab IV dan Bab V)
File Hasil Penelitian (Bab IV dan Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi digital desa adalah aplikasi layanan bagi desa yang bertujuan untuk mengelola kepengurusan surat-menyurat dan pasar digital di desa. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah warga dalam proses pengajuan surat dan mempermudah warga dalam berjualan sehingga pembeli mudah untuk mencari produk-produk asli dari desa. Namun, dalam penggunaan aplikasi masih terdapat banyak permasalahan dan pengguna sulit dalam berinteraksi dengan aplikasi. Penelitian ini berfokus untuk mengukur tingkat usability pada aplikasi menggunakan metode guerilla testing untuk mencari permasalahan dan system usability scale dalam pengukuran usability pada rekomendasi desain perbaikan. Ditemukan bahwa beberapa fitur dalam aplikasi memiliki skor rendah seperti menghubungkan akun dengan desa yaitu skor 8, proses login, proses buat surat dan proses cek penerima bansos dengan skor 9. Dilanjutkan dengan pembuatan desain rekomendasi usulan menggunakan software figma dan diuji kembali dengan metode SUS didapatkan hasil skor rata-rata 80,75 dapat disimpulkan pada kategori acceptable ranges masuk ke dalam Acceptable, pada grade scale mendapat nilai B dan untuk adjective rating masuk ke dalam Excellent, sehingga usulan desain aplikasi digides dapat digunakan dengan mudah dan pengguna tidak merasa kebingungan terhadap desain hasil perbaikan untuk mendapat layanan informasi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:57
Last Modified: 27 Jul 2022 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62127

Actions (login required)

View Item View Item