MIFTAHURRAHMAN, - (2022) KONSTRUKSI PENDIDIKAN IDEAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DISERTASI MIFTAHURAHMAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Miftahurrahman, NIM. 31594106028, Konstruksi Pendidikan Ideal Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Perspektif Al-Qur’an. Konstruksi pemikiran tentang ilmu dan pendidikan selalu dilandasi atas ontologi, epistemoligi, dan aksiologi. Perbedaan pandangan terhadap hakikat wujud suatu objek kajian ilmu pengetahuan (ontologi) berimplikasi kepada perbedaan pandangan tentang ilmu dan pendidikan. Pendidikan adalah hal yang penting bagi kehidupan seseorang baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Dalam undang-undang tentang pendidikan pasal 31 ayat 1 yang menyatakan bahwa “setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan” termasuk didalamnya para penyandang disabilitas. Bagi para penyandang disabilitas perlu adanya konstruksi pendidikan khusus karena keterbatasan penyandang disabilitas yang amat beragam maka perlu adanya penanganan yang khusus pula. Pendidikan adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar atau disengaja guna untuk menambah pengetahuan, wawasan serta pengalaman untuk menentukan tujuan hidup sehingga bisa memiliki pandangan yang luas untuk ke arah masa depan lebih baik dan dengan pendidikan itu sendiri dapat menciptakan orang-orang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan dilihat dari tempat aktivitasnya adalah kepustakaan (library research). Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data primer untuk digunakan sebagai landasan yang kemudian didukung dengan menggunakan data lain yang bersumber dari data sekunder yang berkaitan dengan tema. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menjabarkan tentang pandangan Al-Qur’an terhadap Penyandang disabilitas dan Untuk mengetahuikonstruksi pendidikan ideal bagi penyandang disabilitas dalam perspektif Al-Qur’an. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan khususnya untuk penyandang disabilitas. Sekaligus diharapkan dapat menjadi formulasibagi pemerintah, lembaga pendidikan, guru, orang tua dan masyarakat yang terlibat dalam organisasi penyandang disabilitasuntuk merelevansikan tujuan Pendidikan Nasional dengan tujuan Pendidikan Islam khususnya bagi penyandang disabilitas. Pendidikan yang ideal dalam Islam adalah membentuk manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, mampu menggunakan logikanya secara baik, berinteraksi sosial dengan baik dan bertanggung jawab. Dengan kata lain, pendidikan Islam ideal berarti membina potensi spiritual, emosional dan intelegensia secara optimal. Di dalam Islam, penyandang disabilitas juga memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah SWT. Islam memberikan porsi yang sama bagi penyandang disabilitas untuk meraih hak hidup, termasuk diantaranya adalah pendidikan. Al-Qur’an sangat menghargai dan memberi akses seluasluasnya terhadap para penyandang disabilitas fisik. Mereka tidak boleh dipandang sebelah mata dan diacuhkan. Hal ini karena mereka mempunyai hak bersosial, berkumpul, mendapatkan pendidikan, menjalankan roda ekonomi, dan beribadah sebagaimana manusia lainnya. Kata kunci : Konstruksi, Pendidikan Ideal, Penyandang Disabilitas, Al- Qur’an
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62109 |
Actions (login required)
View Item |