SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS (STUDI KASUS : PT. MITRA BETON MANDIRI)

Yeni Fitria, (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS (STUDI KASUS : PT. MITRA BETON MANDIRI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201167.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penentuan karyawan berprestasi pada PT. Mitra Beton Mandiri dilakukan dengan cara memilih karyawan tiap bagian bidang kerja berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Kriteria-kriteria yang digunakan adalah keterampilan, pengetahuan, keahlian, fleksibilitas, komunikasi, disiplin, tanggung jawab, loyalitas dan kredibilitas. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah bagaimana menentukan karyawan berprestasi dari sejumlah alternatif karyawan. Sistem ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun dengan menggunakan penggabungan metode Analitycal Hierarchi Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal (TOPSIS) membantu penentuan karyawan berprestasi. AHP merupakan suatu metode pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah penentuan pilihan yang sifatnya multiobjective dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) merupakan suatu bentuk metode pendukung keputusan yang didasarkan pada konsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Pembobotan kriteria dilakukan dengan menggunakan AHP dan perankingannya dilakukan dengan menggunakan TOPSIS. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 dan database access 2007. Sistem ini dapat menyelesaikan masalah dalam penentuan karyawan berprestasi pada PT. Mitra Beton Mandiri, sehingga dapat membantu manager dalam menyeleksi alternatif karyawan tersebut. Kata kunci : Alternatif, AHP, PT.Mitra Beton Mandiri, Kriteria, Karyawan Berprestasi, TOPSIS, AHP-TOPSIS, Sistem Pendukung Keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:54
Last Modified: 11 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item