Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Evaluasi Postur Kerja dan Perancangan Handle Vacuum Cleaner Untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Pembersihan Sajadah Masjid

ASA NURJANNAH, - (2022) Evaluasi Postur Kerja dan Perancangan Handle Vacuum Cleaner Untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Pembersihan Sajadah Masjid. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP SAMPAI LAMPIRAN KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV DAN BAB V).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN ( BAB IV DAN BAB V ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi Postur Kerja dan Perancangan Handle Vacuum Cleaner Untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Pembersihan Sajadah Masjid Oleh: Asa Nurjannah Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan HR. Soebrantas KM. 15 No. 155 , Pekanbaru 28293, Indonesia ABSTRAK Vacuum Cleaner merupakan alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam membersihkan kotoran debu, tungau dan sampah halus. Pembersihan sajadah atau karpet masjid biasanya menggunakan vacuum cleaner yang berukuran besar, sehingga dapat menyedot debu dengan maksimal. Pada proses pembersihan sajadah masjid, posisi pekerja dalam keadaan tidak ergonomis yaitu membungkuk karena pekerja harus menekan pipa nozzle agar penghisapan menjadi lebih maksimal dengan membentuk sudut 35°, dalam proses ini pekerja merasakan keluhan pada bagian tubuh yaitu leher, lengan, punggung dan kaki jika dilakukan dalam waktu yang lama. Pada penelitian ini vacuum cleaner yang diteliti berukuran 30 liter. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan handle (pegangan) dan evaluasi postur kerja untuk mengurangi keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada pekerja pembersihan sajadah masjid. Perancangan handle dilakukan dengan mengikuti ukuran antropometri pekerja dan metode yang digunakan untuk pemilihan konsep yaitu Metode Rasional. Setalah mendapatkan hasil desain rancangan, maka dilakukan evaluasi postur kerja dan penilaian skor metode RULA.. Hasil dari penelitian ini dengan perancangan handle berdasarkan ukuran antropometri yaitu dengan tinggi 99cm hingga tinggi maksimal 108 cm, lebar 55 cm, diameter genggaman handle 4,8 cm, dengan menggunakan pen menyetel tinggi yang adjustable, dan evaluasi postur kerja dilakukan dengan membandingkan skor dan level sebelum dan sesudah desain jadi. Hasil skor dan level yang didapatkan sebelum perancangan yaitu skor 7 yang artinya perlu segera dilakukan perubahan pada postur pekerja, dan setelah dilakukan perancangan maka diperoleh hasil skor akhir RULA yaitu 4 yang artinya risiko kecil dengan adanya perancangan handle ini maka dapat mengurangi keluhan pada pekerja dan postur kerja menjadi lebih nyaman dinilai dari skala desain dan dengan dilakukannya perubahan sistem kerja pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:36
Last Modified: 27 Jul 2022 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62080

Actions (login required)

View Item View Item