Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perencanaan pemeliharaan mesin produksi dengan menggunakan metode reliability centered maintenance (RCM) pada mesin produksi black liquid pump di seksi PM-9 PT. Indah Kiat Pulp & Paper

Hiddayattul Saputra, - (2022) Perencanaan pemeliharaan mesin produksi dengan menggunakan metode reliability centered maintenance (RCM) pada mesin produksi black liquid pump di seksi PM-9 PT. Indah Kiat Pulp & Paper. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan Lengkap kecuali Bab IV dan V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Bab IV dan V)
BAB IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Kegiatan perawatan memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung beroperasinya suatu sistem secara lancar, kegiatan perawatan juga meminimalkan biaya kerugian yang ditimbulkan akibat adanya kerusakan mesin. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui usulan penjadwalan terhadap corrective dan preventive maintenance mesin black liquid pump pada PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Seksi PM-9. Penelitian pendahuluan menemukan ketidaksesuaian pemeriksaan dan penanganan terhadap mesin yang dapat mengakibatkan peningkatan downtime. Metode yang digunakan untuk mendapatkan usulan preventive maintenance adalah Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan model Age Replacement. Berdasarkan analisis menggunakan FMEA (Failure Mode and Analysis) dengan melihat nilai RPN tertinggi dari setiap komponen sehingga ditemukan 3 komponen kritis yaitu bearing distribusi normal, usulan jadwal interval penggantian 533 (jam) dan interval perawatan 227,99 (jam), shaft distribusi normal, usulan jadwal interval penggantian 622 (jam) dan interval perawatan 307,27 (jam), vane distribusi normal dengan usulan jadwal interval penggantian 555 (jam) dan interval perawatan 294,25 (jam).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:22
Last Modified: 26 Jul 2022 06:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62076

Actions (login required)

View Item View Item