LISWARANI ABSYAH, - (2022) Kontribusi Sikap, Motivasi Belajar dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu. Thesis thesis, PASCASARJANA.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
Abstract
ABSTRAK Liswarani Absyah, (2022) : Kontribusi Sikap, Motivasi Belajar dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi sikap, motivasi belajar, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar fiqh siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tambusai Utara yang berjumlah 154 orang. Penarikan sampel penulis menggunakan tehnik Proportional Random Sampling sebesar 50% dengan jumlah 77 orang siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan korelasi Regresi Berganda dan bantuan SPSS Windows for Ver.16. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan sikap, terhadap hasil belajar fiqh siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tambusai Utara dengan diperoleh nilai thitung 2.238 dan nilai signifikansinya 0.028 < 0.05 berarti Ha diterima. Sedangkan nilai R Square sebesar 16.3%. Terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqh dengan diperoleh nilai thitung 3.985 dan nilai signifikansinya 0.000 < 0.05 berarti Ha diterima. Sedangkan nilai R Square sebesar 17.5%. Selanjutnya terdapat kontribusi secara signifikan sikap, motivasi belajar dan jenis kelamin secara bersama-sama terhadap hasil belajar fiqh siswa di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tambusai Utara yang ditunjukkan dari hasil uji regresi variabel sikap diperoleh thitung 2.238 dengan nilai signifikan 0.028. variabel motivasi belajar dengan nilai signifikan diperoleh thitung 3.985 signifikan 0.000. Dengan nilai R Square sebesar 0.176 atau 17.6%. Artinya Sumbangan kontribusi variabel sikap (X1 ) dan motivasi belajar (X2) dan jenis kelamin (X3) terhadap hasil belajar fiqh siswa (Y) di Madrasah Aliyah Se-kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu sebesar 17.6% Sedangkan 82.4 % dikontribusii oleh variabel lain. Kata Kunci : Sikap, Motivasi Belajar, Jenis Kelamin, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62057 |
Actions (login required)
View Item |