Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Manajemen Mutu Berbasis Pesantren Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Berkarakter, Studi Di Pondok Pesantren Tahfidz Wal Lughoh Ruhul Qur’an Kota Batam

Faisal Hakim Nasution, - (2022) Manajemen Mutu Berbasis Pesantren Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Berkarakter, Studi Di Pondok Pesantren Tahfidz Wal Lughoh Ruhul Qur’an Kota Batam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Bab 1 2 3 5)
Faisal Hakim - 1 2 3 5 Watermark.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Bab 4)
Faisal HN - Bab IV Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah bagian penting dari sistem pendidikan nasional. Persoalan yang mendasar yang di hadapi Pondok Pesantren secara umum adalah terkait dengan manajemen mutu pendidikan yang meliputi 8 standar nasional pendidikan. Pondok Pesantren Tahfidz Wal Lughoh Ruhul Qur’an Kota Batam merupakan salah satu pondok pesantren berbasis tahfidz dan bahasa. Dalam penelitian ini dikaji manajemen mutu berbasis pesantren berdasarkan dua standar mutu yaitu: Standar Proses Pembelajaran dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dua standar ini memiliki pengaruh kuat dalam upaya pengembangan pendidikan karakter santri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan field Research dengan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Pondok Pesantren Tahfidz Wal Lughoh Ruhul Qur’an. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dukumentasi. Dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian manajemen mutu berbasis pesantren, Pondok Pesantren Ruhul Qur’an memiliki beberapa kesamaan terkait dengan pelaksanaan standar proses dan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Seluruh perencanaan standar proses tersebut diimplementasikan dengan penyusunan silabus, RPP, kelengkapan bahan ajar, pengelolaan kelas dan evaluasi yang dilakukan oleh guru. Evaluasi proses dilakukan oleh guru meliputi evaluasi perencanaan proses yang sudah dibuat, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Perencanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan untuk memenuhi kuantitas dan kualitas tenaga pendidik melalui rekrutmen dan kaderisasi. Sedangkan faktor pendukung manajemen mutu berbasis pesantren dalam upaya mengembangkan pendidikan berkarakter di Pondok Pesantren Tahfidz Wal Lughoh Ruhul Qur’an adalah adanya dukungan kuat keluarga dan kaderisasi yang berjalan baik. Sementara faktor penghambat dalam upaya ini adalah masih kurangnya kesadaran santri akan jati diri mereka sebagai santri serta masih adanya tenaga pendidik dan kependidikan yang kurang komitmen terhadap tugas dan kewajiban dalam mewujudkan pesantren yang bermutu dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:49
Last Modified: 26 Jul 2022 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62038

Actions (login required)

View Item View Item