Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Adopsi Cambridge Curriculum dan Adaptasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Plus Batam)

Wiwit Handayati, - (2022) Implementasi Adopsi Cambridge Curriculum dan Adaptasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Plus Batam). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Bab 1 2 3 5)
Wiwit Handayati - 1 2 3 5 Watermark.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Bab 4)
Wiwit Handayati - BAB IV Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum adalah jantung dari sebuah pembelajaran, sekolah tidak akan bisa secara tepat mencapai visi misinya tanpa adanya kurikulum. Kurikulum harus bertindak dinamis mengikuti arah perubahan zaman, oleh karena itu pihak sekolah mengembangkan kurikulum dengan mengadopsi Cambridge Curriculum dan mengadaptasi kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan implementasi adopsi cambridge curriculum, 2) mendeskripsikan implementasi adaptasi kurikulum 2013, 3) menganalisis kompetensi siswa. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Plus Batam menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dianalisis melalui Data Collection, Data Condensation, Data Display, Verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui President Observation dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan 1) implementasi adopsi cambridge curriculum meliputi tiga tahap (1) Perencanaan, pihak terlibat Kepala sekolah, waka kurikulum, guru cambridge bersertifikat, memetakan kompetensi dasar dari framework dan Lesson Plan, (2) Pelaksanaan, cambridge fokus pada math, science, english berbahasa Inggris dengan bersistem full day, pembelajaran berbasis active learning dengan sumber belajar, textbook, supervisi, kegiatan camp cambridge, KKM cambridge yaitu 80, (3) Evalusi, dimulai siswa mampu belajar tuntas, strategi student center, metode digunakan lebih dari satu, media belajar menarik baik cambridge maupun kurikulum 2013, penilaian hasil belajar melalui check progression test dan checkpoint , PH, PTS, PAS, PAT. 2) Implementasi adaptasi kurikulum 2013 meliputi tiga tahap (1) perencanaan, melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, guru terdaftar dapodik, guru membuat prota, promes, membuat indikator, silabus, RPP, (2) Pelaksanaan, beban belajar untuk mata pelajaran Camdridge English, Math, dan Science dalam per minggu 3 jam pelajaran dengan durasi waktu 40 menit. Untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA dalam tiap minggu 5 jam pelajaran. Dan untuk mata pelajaran IPS, Pendidikan Agama Islam, PKN, B.Inggris, SBK, PJOK, dan Prakarya dalam tiap minggu 2 Jam pelajaran, (3) Evaluasi, tes pemetaan siswa, penilaian hasil belajar Ki-1, Ki-2, Ki-3, dan Ki-4, 3). Peningkatan kompetensi siswa dilihat dari beberapa ranah, diantaranya 1) ranah afektif, mampu berbahasa asing, menghargai, percaya diri, simpati, mandiri, kerjasama, 2) ranah kognitif, mengingat jangka panjang, membuat contoh, menerapkan prosedur, menentukan fungsi struktur, menganalisis kesalahan, 3) ranah psikomotorik, memanfaatkan teknologi, berprestasi di luar kelas, semangat mengikuti aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:58
Last Modified: 27 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62022

Actions (login required)

View Item View Item