Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 15 PEKANBARU

DWI RENTI ANGRAINI, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DWI RENTI ANGRAINI (2022) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 15 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media video terhadap efektivitas pembelajaran geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 72 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, obeservasi, dan angket. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis pretest efektivitas pembelajaran siswa, analisis postest efektivitas pembelajaran siswa, uji-t, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video diperoleh kategori lebih baik dibandingkan kelas kontrol, pada kelas eksperimen sebesar 68,91 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 58,08. Berdasarkan analisis uji t antara kelas kontrol dan eskperimen dan kelas kontrol diperoleh signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yaitu berarti Ha diterima H0 di tolak. Berdasarkan uji effect size di peroleh nilai sebesar 0,36 lebih besar dari 0,14 (0,36>0,14) yaitu large (besar) artinya tingginya pengaruh penggunaan media video terhadap efektivitas pembelajaran. Kata Kunci : Pengaruh, Media Video, Efektivitas Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:08
Last Modified: 26 Jul 2022 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62020

Actions (login required)

View Item View Item