Rita Sahara Munte, - (2022) Manajemen Kurikulum Pembelajaran Tahfidh Al Quran Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam Kepulauan Riau. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (Bab 1 2 3 5)
Rita Sahara - Bab 1 2 3 5 (Watermark).pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (Bab 4)
Rita Sahara - Bab IV (Watermark).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
Abstract
Manajemen kurikulum Pembelajaran seringkali terjadi permasalahan antara rancangan dalam kurikulum dengan usaha-usaha implementasi, perencana kurikulum dengan praktisi (tenaga kepesantrenan) yang melaksanakan kurikulum di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Manajemen Kurikulum Pembelajaran Tahfidh Al-Qur‟an Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam Kepulauan Riau, dengan sub fokus: (1) Bagaimana manajemen kurikulum pembelajaran tahfidh al-Qur‟an (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kurikulum pembelajaran tahfidh Al-Qur‟an, (3) Bagaimana hasil dari imlementasi manajemen kurikulum pembelajaran tahfidh al Qur‟an di STIT Hidayatullah Batam Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sudah melaksanakan proses perencanaan, manajemen kirukulum pembelajaran tahfidh Al-Qur`an, yang terdapat pada perumusan visi, misi, adanya tujuan yang ingin dicapai yaitu program pembelajaran tahfidz al-Qur`an dapat mencapai target hafalan 5 juz selama 2.5 tahun. Hasil penelitian juga menilai tenaga kepesantrenan sebagai kunci keberhasilan dalam manajemen kurikulum pembelajaran tahfidz, oleh karena itu hendaknya antara ketua, Dosen dan tenaga kepesantrenan bersinergi guna mencapai target pencapaian dalam kurikulum yang ditetapkan. Adapun faktor-faktor pendukung Manajemen Kurikulum Pembelajaran Tahfidz al-Qur`an pada STIT Hidayatullah Batam yaitu; a) Komunikasi yang baik terhadap semua pihak pimpinan dan bawahan; b) tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan; c) Dorongan dri orang tua untuk kemampuan dan pencapaian mahasiswa d) Motivasi dari yayasan dan sekolah tinggi untuk mampu mencapai target hafalan mahasiswa; Sedangkan faktor penghambat, yaitu; a) Kurangnya motivasi intern mahasiswa; b) Hubungan dengan orang tua belum dapat tercover dengan baik; c) Kurang wadah pengaduan masalah atau pelanggaran; d) Kurangnya tenaga SDM: e) kurangnya fasilitas penunjang.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62018 |
Actions (login required)
View Item |