Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAKSANAAN TAHSIN TERHADAP MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PEKANBARU

RIZKA OKTAVIANI, - (2022) PENGARUH PELAKSANAAN TAHSIN TERHADAP MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rizka Oktaviani, (2022): Pengaruh Pelaksanaan Tahsin Terhadap Motivasi Membaca Al-Qur’an di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan tahsin terhadap motivasi membaca Al-Qur’an di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh pelaksanaan tahsin terhadap motivasi membaca Al-Qur’an di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah 103 anak dan diambil sampel sebanyak 51 anak, dengan pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji persial (uji t), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 1,488 + 0,808 artinya bahwa variabel pelaksanaan tahsin berpengaruh positif terhadap motivasi membaca Al-Qur’an. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t, menunjukkan secara parsial pelaksanaan tahsin berpengaruh positif karena dari hasil uji t diketahui nilai thitung (20,887) > ttabel (1,920) nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa R2 sebesar 0,899, nilai tersebut menggambarkan bahwa pelaksanaan tahsin mempengaruhi motivasi membaca Al-Qur’an sebesar 89,9%, sedangkan sisanya 10,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitan ini. Kata Kunci: Pelaksanaan Tahsin, Motivasi Membaca Al-Qur’an, Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:10
Last Modified: 26 Jul 2022 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62011

Actions (login required)

View Item View Item