Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

ULFA REZEKIANI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulfa Rezekiani, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tualang semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar angket uji validitas, lembar angket uji praktikalitas, soal post test, dan dokumen pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif untuk menganalisis berbagai informasi yang diperoleh melalui instrumen pedoman wawancara, lembar angket uji validitas, dan lembar angket uji praktikalitas serta analisis data kuantitatif untuk menganalisis hasil angket uji validitas, hasil angket uji praktikalitas, dan hasil uji efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata dan sangat praktis dengan nilai rata-rata berdasarkan hasil uji kelompok kecil dan sangat praktis dengan nilai rata-rata berdasarkan hasil uji kelompok besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Sedangkan akibat keterbatasan waktu dan belum efektifnya proses pembelajaran saat masih pandemi covid-19, proses uji efektivitas dilakukan secara terbatas dan memperoleh hasil perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka x atau , sehingga ditolak. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:20
Last Modified: 26 Jul 2022 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61986

Actions (login required)

View Item View Item