Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

trategi Pengurus Masjid dalam Memakmurkan Masjid Baiturrahman Desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi

MUHAMAD ROFIUL HUDA, - (2022) trategi Pengurus Masjid dalam Memakmurkan Masjid Baiturrahman Desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SIAP VALIDASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhamad Rofiul Huda Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Strategi Pengurus Masjid dalam Memakmurkan Masjid Baiturrahman Desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi Masjid Biturrahman yang berdiri di Desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat KabupatenKuantan Singingi. Dapat menjadikan jembatan baru bagi warga Desa Kuantan Sako agar bisa bersosialisasi satu sama lainnya dan dapat meningkatkan iman dan taqwa warga desa Kuantan Sako. Kareba sebelumnya warga desa tidak pernah mengikuti shalat berjamaah atau tidak pernah mengikuti kegiatan masjid tetapi dengan adanya masjid yang memiliki fasilitas bagus, dalam perkembangannya jamaah merasa nyaman. Hal ini dapat dilihat dari semangatnya warga dalam usaha memakmurkan masjid dengan mengikuti keagamaan-keagamaan. Masjid Baiturrahman bukan hanya memberi fasilitas tempat ibadah bagi jamaahnya, namun juga dibarengi dengan bermacam kegiatan keagamaan, dan kegiatan ibadah, Pendidikan serta pembinaan remaja masjid. Metode yang digunakan penulis adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait strategi pengurus dalam memakmurkan masjid Desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengurus masjid dalam memakmurkan masjid yaitu dengan mengadakan kegiatan diantaranya kegiatan keagamaan, kegiatan keagaaman di masjid Baiturrahman yaitu dengan mengadakan pengajian rutin dan kegiatan peringatan hari besar Islam. Pengajian rutin meliputi pengajian kamis malam Jum’at, Jum’at ba’da ashar. Pengajian bulanan.sedangkan kegiatan peringatan hari besar Islam yaitu dengan mengadakan peringatan isra’ mi’raj dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ibadah dengan mengadakan donatur infaq dan sedekah, santunan anak yatim, shalat liam waktu. Shalat jum’at. Kegiatan Pendidikan yaitu dengan mengadakan pelatihan baca tulis Al-Qur’an di Masjid Baiturrahman Desa Kuantan Sako. Sedangkan pembinaan remaja masjid dengan membian remaja untuk ikut serta dalam meramaikan masjid dan ikut serta dalam kegiatan yg ada di masjid Baiturrahman desa Kuantan Sako. Kata Kunci: Strategi, Pengurus Masjid, Memakmurkan masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:23
Last Modified: 26 Jul 2022 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61985

Actions (login required)

View Item View Item