Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN WADI’AH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL DEWAN MASJID INDONESIA (BMT DMI) KOTA PEKANBARU

YULIA KHAIRUN NIKMAH, - (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN WADI’AH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL DEWAN MASJID INDONESIA (BMT DMI) KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIA KHAIRUN NIKMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yulia Khairun Nikmah (2022): Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadi’ah Pada Baitul Maal Wa Tamwil Dewan Masjid Indonesia (BMT DMI) Kota Pekanbaru. Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, dan mempromosikan barang atau produk agar perusahaan dapat berhasil dalam memasarkan produknya maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang terarah. Produk tabungan wadi’ah adalah produk yang banyak diminati oleh nasabah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti mengenai strategi pemasaran produk tabungan wadi’ah yang diterapkan oleh BMT DMI Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran produk tabungan wadi’ah pada BMT DMI Kota Pekanbaru dan mengetahui minat yang mempengaruhi nasabah memilih tabungan wadi’ah pada BMT DMI Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan total sampling yang berarti seluruh populasi dijadikan sebagai sampel terdiri dari 65 sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT DMI Kota Pekanbaru khususnya pada produk tabungan wadi’ah yaitu menggunakan riset pemasaran, segmentasi, targeting, positoning dan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 4P yakni: strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi dengan menerapkan strategi jemput bola yang merupakan pelayanan prima yang diberikan oleh BMT serta memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi tanpa harus pergi ke kantor. Adapun minat yang mempengaruhi nasabah memilih tabungan wadi’ah yaitu dikarenakan faktor dorongan dari dalam diri individu, faktor motif sosial dan faktor emosional. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan Wadi’ah, BMT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:54
Last Modified: 26 Jul 2022 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61947

Actions (login required)

View Item View Item