Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN FUNGSI HUMAS DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA COVID-19 DI KANTOR DESA TOPANG KECAMATAN RANGSANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

KURNIAWAN, - (2022) PELAKSANAAN FUNGSI HUMAS DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA COVID-19 DI KANTOR DESA TOPANG KECAMATAN RANGSANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KURNIAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Kuniawan Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Pelaksanaan Fungsi Humas Dalam Pelayanan Publik Pada Masa Covid-19 Di Kantor Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti Fungsi humas yang dilakukan oleh pemerintah desa sangat penting dalam melaksanakan pelayanan publik. Terlebih lagi pada masa pandemik covid-19 saat ini, pelaksanaan fungsi humas sangat dibutuhkan dan memiliki peran besar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap dan tindakan masyarakat di masa covid-19 untuk kearah yang lebih baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksana fungsi humas dalam pelayanan publik pada masa covid-19 di kantor Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. Peneliti melakukan penelitian di kantor Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti dengan metode kualitatif. Informan penelitian ini sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Bernays. Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa fungsi humas diantaranya yaitu memberikan penerangan kepada publik, membujuk publik untuk mengubah sikap dan tindakan, dan berusaha mempresentasikan sikap organisasi kepada publik atau sebaliknya. Humas Desa Topang sudah memberikan informasi kepada masyarakat secara lisan dan tertulis terkait pelayanan di kantor Desa Topang pada masa pandemik. Humas juga melakukan pendekatan melalui penyerapan aspirasi masyarakat yang dilakukan bersama kepala dusun dan ketua RT dan RW setempat. Humas juga sudah menerapkan aturan protokol kesehatan terhadap seluruh masyarakat Desa Topang seperti memakai masker, cek suhu, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kata Kunci : Pelaksana Fungsi Humas, Pelayanan Publik, Covid-19, Kantor Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:07
Last Modified: 25 Jul 2022 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61942

Actions (login required)

View Item View Item