Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ADAB GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IMAM BADRUDDIN IBNU JAMA’AH DALAM KITAB TADZKIROTUS SAMI’ WAL MUTAKALLIM FI ADABIL ‘ALIMI WAL MUTA’ALLIM

ZULFIKAR, - (2022) ADAB GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IMAM BADRUDDIN IBNU JAMA’AH DALAM KITAB TADZKIROTUS SAMI’ WAL MUTAKALLIM FI ADABIL ‘ALIMI WAL MUTA’ALLIM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ZULFIKAR (2022) : ADAB GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IMAM BADRUDDIN IBNU JAMA’AH DALAM KITAB TADZKIROTUS SAMI’ WAL MUTAKALLIM FI ADABIL ‘ALIMI WAL MUTA’ALLIM Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adab-adab guru dan murid dalam pembelajaran perspektif Imam Badruddin Ibnu Jama‟ah dalam kitab Tadzkirotussami‟ Wal Mutakallim Fi Adabil „Alimi Wal Muta‟allim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam kitab Tadzkirotussami‟ Wal Mutakallim Fi Adabil „Alimi Wal Muta‟allim karya Imam Badruddin Ibnu Jama‟ah. Hasil penelitian menyimpulkan adab-adab guru dalam pembelajaran yaitu: tujuan mengajar dan mendidik mereka adalah ridho Allah dan menyebarkan ilmu; tidak menolak mengajar hanya karena niat murid yang belum ikhlas; mendorong para murid terhadap ilmu dan menzuhudkan mereka dari dunia; mencintai untuk murid apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri, memerhatikan kemaslahatannya, dan menasehatinya dengan kasih sayang; lemah lembut dalam mengajar; kesungguhan dalam memahamkan murid dan keterangan tentang metode menjelaskan pelajaran; syaikh menjajaki pemahaman murid dan daya serap mereka terhadap pelajaran yang disampaikan; meminta murid mengulang apa yang telah mereka pelajari; tidak membebani murid di luar kesanggupannya; menyebutkan kaidah-kaidah penting dan masalah-masalah yang unik kepada murid dan berhati-hati terhadap persaingan dengan mereka; tidak mengutamakan sebagian murid atas yang lain tanpa alasan; mengawasi keadaan murid-murid dan akhlak mereka dan keterangan tentang cara mendidik mereka; berusaha mewujudkan kebaikan untuk murid-murid; dan tawadhu` kepada murid dan memuliakan mereka. Dan adab-adab murid dalam pembelajaran yaitu memulai dengan Kitab Allah (Al-Qur`an); menjauhi memassuki ke ranah perbedaan pendapat di awal langkah; membetulkan apa yang dibaca sebelum menghafalnya; mendengar hadits sejak dini dan memerhatikan ilmu-ilmu hadits; masuk ke kitab-kitab besar sesudah menguasai ringkasan-ringkasan; mengikuti halaqoh syaikh secara rutin dan mengkaji bersama rekan-rekan; adab hadir di halaqoh syaikh dan duduk padanya; adab dengan hadirin di majelis syaikh; adab bertanya tentang apa yang tidak dipahami; tidak menyerobot giliran orang lain; adab membaca kepada syaikh; kelanjutan adab membaca kepada syaikh; dan adab dengan rekan-rekanya. Kata Kunci: Adab, Guru, Murid, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:51
Last Modified: 25 Jul 2022 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61939

Actions (login required)

View Item View Item