Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

P E R A N K O M I T E M A D R A S A H D A L A M ME N I N G K A T A N M U T U P E N D I D I K A N DI M T s S WA S TA SE K E C A M A T A N TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU

FIRDAUS JEKA, FJ (2022) P E R A N K O M I T E M A D R A S A H D A L A M ME N I N G K A T A N M U T U P E N D I D I K A N DI M T s S WA S TA SE K E C A M A T A N TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
Tesis Firdaus Jeka Bab 1,2, 3, 5 Watermark.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Firdaus Jeka Bab 4 Watermark.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia terlihat dari laporan UNESCO dalam Education For All Global Monitoring Report (EFA-GMR), Indeks Pembangunan Pendidikan Untuk Semua atau The Education for All Development Index (EDI) di mana Indonesia tahun 2014 berada pada peringkat 57 dari 115 negara. Masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program pendidikan. Komite Madrasah menjadi salah satu badan merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Swasta se-Kec Tambusai Utara Kab Rokan Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Swasta se-Kec Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu 2. Apa Faktor pendorong dan penghambat dalam Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Komite Madrasah sebagai badan pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Swasta se-Kec Tambusai Utara Kab Rokan Hulu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu keseluruhan Ketua komite dan Kepala Sekolah dan Guru di MTs swasta se Kec Tambusai Utara Kab Rokan Hulu yang berjumlah 9 orang. Sedangkan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1. Peran Komite yang telah dilaksanakan sebagai badan pertimbangan serta badan penghubung sudah berjalan dengan sangat baik. Namun peran komite sebagai badan pendukung dan sebagai badan pengawas cukup baik dan perlu dimaksimalkan hanya saja ada kerterbatasan dari faktor sumber daya manusianya. 2. Faktor pendukung peran Komite Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu pertama Komite Madrasah dipilih berdasar musyawarah, semangat, loyalitas dan niat kuat untuk berusaha mewujudkan pendidikan madrasah yang unggul. Kedua, kedekatan emosional yang menjadikan hubungan kerjasama Komite dengan Kepala Madrasah lebih mudah, ketiga perasaan yang sama antara komite dan madrasah yang samasama ingin memperjuangkan peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Keempat, Kepercayaan dan support yang kuat dari masyarakat untuk kemajuan madrasah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu pertama kurang pengetahuan dan pengalaman komite madrasah. Kedua, kurang independen terutama dalam hal kontrol, yang ketiga Komite Madrasah kurang bisa membagi waktu, keempat kurangnya sosialisasi tentang peraturan yang dibuat oleh Kementerian Agama RI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:19
Last Modified: 25 Jul 2022 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61906

Actions (login required)

View Item View Item