Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN BAI AL-‘URBUN PADA PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN BERKAH FAMILY VILLAGE (BFV) DAN GRIYA BERKAH PELANGI 2 (GBP2)

RWAN FAIZAL, - (2022) PELAKSANAAN BAI AL-‘URBUN PADA PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN BERKAH FAMILY VILLAGE (BFV) DAN GRIYA BERKAH PELANGI 2 (GBP2). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAS SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRISPI GABUNG.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Irwan Faizal (2022) : Pelaksanaan Bai Al-‘Urbun pada pembelian rumah di perumahan Berkah Family Village (BFV) dan Griya Berkah Pelangi 2 (GBP2) Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Bai Al- ‘Urbun dalam pembelian rumah di perumahan Berkah Family Village (BFV) dan Griya Berkah Pelangi 2 (GBP2) serta bagaimana pandangan Ekonomi Syariah terhadap praktek Bai Al-‘Urbun dalam pembelian rumah di perumahan Berkah Family Village (BFV) dan Griya Berkah Pelangi 2. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang disusun dalam rangka memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi ilmiah yag berasal dari subyek atau obyek penelitian, dan sebagai subyeknya adalah pengelola perumahan, sekretaris, dan bagian pemasaran perumahan Berkah Family Village (BFV) dan Griya Berkah Pelangi 2 (GBP2), sedangkan obyeknya adalah pelaksanaan Bai Al-‘Urbun (booking fee) pada pembelian rumah perumahan Berkah Family Village (BFV) dan Griya Berkah Pelangi 2 (GBP2). Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan bahan penelitian. Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan penelitian tentang praktek booking fee di perumahan Berkah Family Village (BFV) dan Griya Berkah Pelangi 2 (GBP2), jika ditinjau dalam perspektif Bai Al-‘Urbun, peneliti tidaklah menemukan adanya unsur gharar, maisir, memakan harta orang lain dengan cara yang bathil dan syarat akad yang bathil. Dan demikian juga dalam perspektif khiyar, transaksi booking fee ada terdapat khiyar syarat (walaupun booking fee adalah transaksi pesanan) yang didalamnya ada perjanjian secara jelas mengenai batas waktunya dan dilakukan dengan dasar sukarela tanpa mengandung unsur-unsur paksaan serta diperbolehkan adanya kompensasi jika pembeli membatalkan transaksinya. Kata Kunci: Booking Fee, Bai Al-‘Urbun, uang panjar, perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:34
Last Modified: 26 Jul 2022 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61901

Actions (login required)

View Item View Item