Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAWIN PAKSA MENURUT UNDANG-UNDANG KELUARGA ISLAM DI MALAYSIA (STUDI KASUS PADA MAHKAMAH TINGGI SYARI’AH NEGERI SELANGOR)

KHALID BIN NAYAN, KNN (2022) KAWIN PAKSA MENURUT UNDANG-UNDANG KELUARGA ISLAM DI MALAYSIA (STUDI KASUS PADA MAHKAMAH TINGGI SYARI’AH NEGERI SELANGOR). Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
Tesis Khalid Nayan.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV Khalid Nayan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat masalah ini adalah karena penulis melihat sebagian masyarakat menganggap enteng penerapan aturan syariah dalam pernikahan. Ada wali yang sewenang-wenang menggunakan kekuasaan wali mujbir sebagai kekuasaan mutlak dalam menikahi putrinya. Sehingga fenomena ini menarik perhatian penulis untuk mengetahui dalam sebuah penelitian bagaimana praktik kawin paksa menurut hukum keluarga Islam dan bagaimana kasusnya terjadi di Pengadilan Tinggi Syari'ah Negeri Selangor. Yang pertama adalah cara pelaksanaannya, yang kedua sejauh mana hak wali untuk menentukan perkawinan dan yang ketiga adalah bagaimana sahnya perkawinan paksa itu terjadi di pengadilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Pustaka yaitu studi kepustakaan dan melalui observasi dokumentasi dan wawancara. Jika dilihat dari sudut maqashid syariah, setiap kejadian harus dilihat dari sudut pandang agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Maka penulis mengambil hal ini untuk diteliti dalam setiap kasus ketika seorang wali mujbir menikahi putrinya tanpa izin dan persetujuannya atas dasar pewarisan harta yang dapat menyebabkan gangguan jiwa pada putri tersebut. Hasil penelitian penulis berpendapat bahwa seorang wali pasti menginginkan kehidupan yang terbaik untuk anaknya, sehingga dengan kekuatan wali mujbir mereka menempatkan kekuatannya ketika dia yakin dengan jodoh yang dia paksa dan iyanya tidak menyebabkan kemudhoratan bagi pasangan tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:27
Last Modified: 25 Jul 2022 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61890

Actions (login required)

View Item View Item