Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN, VITAMIN C DAN TOTAL PADATAN ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.)

KINTAN JUITA, - (2022) KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN, VITAMIN C DAN TOTAL PADATAN ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KINTAN JUITA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN, VITAMIN C DAN TOTAL PADATAN ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) Kintan Juita (11880121764) Di bawah bimbingan Eniza Saleh dan Jepri Juliantoni INTISARI Bunga rosella memiliki kandungan gizi dan senyawa antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan pada bunga rosella mencapai 95% mg dan Vitamin C mencapai 280 mg setiap 100 g. Kelopak bunga rosella mengandung berbagai jenis asam termasuk asam askorbat (vitamin C), sehingga semakin besar jumlah sari rosella yang ditambahkan akan meningkatkan vitamin C, kadar protein, total padatan atau menurunkan nilai kadar lemak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sifat kimia es krim susu sapi dengan penambahan kelopak bunga rosella (Hibiscus sabdariffa L.) yang meliputi kadar lemak, kadar protein, vitamin C dan total padatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah kadar penggunaan sari kelopak bunga rosella 0% (P0), 10% (P1), 20% (P2), 30% (P3). Parameter yang diamati terdiri atas kadar lemak, kadar protein, vitamin C, dan total padatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari kelopak rosella dengan konsentrasi sampai 30% berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar lemak, kadar protein, vitamin C dan tidak berpengaruh nyata terhadap total padatan, jadi semua parameter ini memenuhi standar yang ditetapkan oleh Standarisasi Nasional Indonesia es krim. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah mampu meningkatkan vitamin C, kadar protein, dan total padatan tetapi pada level 30% mampu menurunkan nilai kadar lemak. Pada penelitian ini perlakuan terbaik adalah perlakuan P3 dengan penambahan kelopak bunga rosella 30% dengan memberikan pengaruh sangat nyata. Kata kunci: Es krim, susu sapi, ekstrak kelopak bunga rosella, karakteristik kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:07
Last Modified: 26 Jul 2022 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61865

Actions (login required)

View Item View Item