Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL ADEQUACY RATIO, PREMANAGED EARNINGS, DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Nurul Aysa, Nurul (2022) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL ADEQUACY RATIO, PREMANAGED EARNINGS, DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan catatan data keuangan dalam suatu periode akuntansi yang digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Namun laporan keuangan tidak dapat memastikan bahwa data yang terkandung didalamnya mencerminkan keadaan keuangan perusahaan yang sebenarnya, bisa saja terjadi manajemen laba yang merupakan adalah suatu kejadian yang sengaja dibuat dengan batasan yang dilakukan manajemen dengan menaikan atau menurunkan laba yang dapat mengurangi kredibilitas laporan keuangan yang dapat menipu stakeholder dalam menilai kinerja perusahaan. Seperti kasus manipulasi laporan keuangan yang dilakukan PT Bank Bukopin Tbk di tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance,capital adequacy ratio, premanaged earnings dan asimetri informasi terhadap manajemen laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020.Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, sampel sebanyak 32 perusahaan dengan tiga tahun pengamatan sehingga total sampel adalah 96. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, capital adequacy ratio berpengaruh positif terhadap manajemen laba, dan jumlah komisaris, premanaged earnings dan asimetri informasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Corporate Covernance, Capital Adequacy Ratio, Premanaged Earnings dan Asimetri Informasi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:48
Last Modified: 25 Jul 2022 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61857

Actions (login required)

View Item View Item