DIAN INDRIANI, - (2022) PENDIDIKAN PRANIKAH MENURUT SYAIKH MAHMUD MAHDI AL-ISTANBULI DALAM BUKU KADO PERNIKAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (975kB) |
||
|
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dian Indriani, (2022): Pendidikan Pranikah Menurut Syaikh Mahmud Mahdi Al-Istanbuli dalam Buku Kado Pernikahan Penelitian ini membahas tentang pendidikan pranikah dalam buku kado pernikahan. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pendidikan pranikah dalam buku Kado Pernikahan menurut Syaikh Mahmud Mahdi Al-Istanbuli. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Kado Pernikahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pranikah adalah proses transformasi pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan tentang pernikahan sesuai dengan syari‟at Islam dengan maksud agar tercapainya tujuan dari pernikahan yaitu membentuk keluarga yang harmonis, tentram, dan damai. Adapun materi pendidikan pranikah adalah mendahulukan agama daripada kecantikan, harta, dan keturunan dalam memilih pasangan, melihat pinangan untuk menimbulkan rasa suka dan meminimalisir keraguan, larangan meminang wanita dalam pinangan orang lain kecuali pinangan pertama dibatalkan, pentingnya kepercayaan dalam pernikahan, menetapkan wali nikah, persetujuan calon istri, dan larangan memahalkan mahar. Kata Kunci: Pendidikan Pranikah, Kado Pernikahan, Syaikh Mahmud Mahdi Al-Istanbuli
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:56 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61833 |
Actions (login required)
View Item |