Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Kafa’ah Ditinjau Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Desa Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir)

SYIFA HANIFAH, - (2022) Penerapan Kafa’ah Ditinjau Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Desa Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL)
BAB IV SYIFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYIFA HANIFAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penganjuran didalam agama Islam untuk memilih calon suami istri yang setara. Kafa‟ah diharapkan dapat mendorong terciptanya kebahagiaan suami istri serta lebih mejamin keselamatan perempuan dari kegagalan atau kegoncangan rumah tangga. Sehingga seseorang boleh secara selektif memilih dan menetapkan calon pasangan hidup yang menurutnya setara atau sekufu. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang telah ada di rumusan masalah yang meliputi Bagaimana penerapan kafa‟ah ditinjau dari aspek pendidikan dan pekerjaan di lingkungan masyarakat Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, dan Bagaimana penerapan kafa‟ah ditinjau menurut perspektif hukum Islam. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) yang bertempat di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Populasi di dalam penelitian ini adalah pasangan suami istri yang setara baik dari segi pendidikan atau pekerjaan yang ada di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 pasangan suami istri yang setara dengan menggunakan Teknik Total Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keseluruhan data dalam penelitian ini di analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan kafa‟ah di Desa Ujung Tanjung telah dilakukan sesuai dengan anjuran agama Islam. Kesetaraan didalam kehidupan rumah tangga dipandang penting oleh pasangan suami istri demi mencapai kehidupan yang bahagia serta menghindari kegagalan rumah tangga akibat tidak sekufu dan menjadi permasalahan baru ketika menikah terutama dari segi pendidikan dan pekerjaan. Sehingga sesuai dengan ajaran Islam bahwa memilih calon pasangan suami istri yang setara atau sekufu sebelum menikah itu sangat dianjurkan walaupun hal itu tidak menentukan keberhasilan didalam perkawinan. Kata Kunci : Nikah, Kafa’ah, Pekerjaan, Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:25
Last Modified: 26 Jul 2022 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61811

Actions (login required)

View Item View Item