Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PINJAMAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT PADA BUMDES SUMBER REZEKI DESA SUNGAI LINAU KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH

ENDAH GIARTI, - (2022) PENGARUH PINJAMAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT PADA BUMDES SUMBER REZEKI DESA SUNGAI LINAU KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ENDAH GIARTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Endah Giarti (2022) : Pengaruh Pinjaman Modal Terhadap Pendapatan Masyarakat Pada Bumdes Sumber Rezeki Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis Perspektif Ekonomi Syari’ah Penelitian ini ditulis dengan latar belakang bahwa diketahui terdapat peningkatan usaha yang dibiayai oleh pinjaman modal usaha dari BUMDES. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meniliti pengaruh pinjaman modal terhadap pendapatan masyrakat diDesa Sungai Linau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pinjaman modal terhadap pendapatan masyarakat pada BUMDES Sumber Rezeki Desa Sungai Linau dan untuk tinjauan ekonomi syari’ah terhadap pinjaman modal pada BUMDES Sumber Rezeki Desa Sungai Linau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, untuk mendapatkan data primer dan data sekunder dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket atau kuisioner kepada nasabah BUMDES. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6.582, ttabel sebesar 1,852 dan signifikansi 0,000. Karena 6.582 >1,852 dan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima . Dengan demikian, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara pinjaman modal yang signifikan terhadap tingkat pendapatan masyarakat Desa Sei. Linau. Sedangkan tinjauan dari ekonomi syariah, pinjaman modal pada program simpan pinjam BUMDes Sumber Rezeki desa Sungai Linau ini dapat memberikan kemaslahatan bagi peminjam, yaitu dengan meningkatkan pendapatan masyarakat yang peminjam dengan mengembangkan usahanya. Namun jika dilihat dari sisi penerapan pada praktiknya, program simpan pinjam ini masih memakai sistem konvesional, yaitu dengan memberikan bunga kepada setiap peminjaman dan tidak sesuai dengan prinsip syariah. Kata kunci: Pinjaman Modal, Pendapatan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:38
Last Modified: 25 Jul 2022 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61765

Actions (login required)

View Item View Item